Saling Belajar dan Berbagi Kabar

Angkutan Perdesaan Winduaji - Gumelar Resmi Diluncurkan

Angkutan Perdesaan Trayek Winduaji - Gumelar diresmikan Kamis 22/2 di Pasar Pahing Gumelar ( foto : Gondez)

kabargumelar.com - Operasional angkutan perdesaan trayek Winduaji ( Kabupaten Brebes) - Gumelar ( Kabupaten Banyumas ) hari ini, Kamis 22/2 bertempat di Pasar Pahing Gumelar, resmi diluncurkan. Angkutan yang telah lama dinanti oleh masyarakat ini diresmikan oleh Kepala Balai Perhubungan Wilayah V Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes, Camat Gumelar dan Camat Paguyangan Kabupaten Brebes.

Dengan diluncurkannya operasional angkutan Winduaji - Gumelar ini, maka akan semakin mempermudah perjalanan lintas kabupaten. Seperti diketahui, Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes berbatasan langsung dengan Desa Samudra Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, praktis dua desa dari dua kecamatan tersebut sering berinteraksi.

Survey dan kajian  terkait angkutan lintas kabupaten ini sudah dimulai semenjak tahun 2005, sampai dengan tahun 2007, namun dianggap belum memungkinkan dilihat dari prasarana dan kondisi jalan waktu itu. Baru pada tahun 2017, melalui upaya dari pihak-pihak terkait dan melakukan survei bersama sampai pada kesimpulan sarana prasarana serta kondisi dianggap memungkinkan untuk pengadaan angkutan trayek tersebut. 

Berdasarkan ketetapan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, bahwa kebutuhan kendaraan adalah 10 buah armada, namun saat ini yang tersedia baru ada enam kendaraan, dengan pembagian kendaraan tiga dari Kabupaten Banyumas, tiga sisanya adalah kendaraan dari Kabupaten Brebes. Uji coba kendaraan sendiri sudah dimulai dari tanggal 17 Januari 2018, dan mendapat respon baik dari masyarakat. Besarnya tarif saat uji coba adalah untuk jarak pendek tiga ribu rupiah untuk umum dan dua ribu rupiah untuk pelajar. Sedangkan untuk jarak menengah adalah lima ribu rupiah dan jarak terjauh lima belas ribu rupiah.(wizteguhnugroos)



Posting Komentar

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. -

[blogger]

Kabar Gumelar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget